Besok, Di Hari Jadi Kota Pekanbaru BPA Beri Kado Beberapa Inovasi

Besok pada hari kamis tanggal 23 Juni 2016, bertepatan dengan hari jadi Kota Pekanbaru. Akan dilaksanakan launching iPekanbaru dan Radio Online oleh Bapak Walikota Pekanbaru, yakni Dr. H. Firdaus, ST. MT.

iPekan
Inovasi itu merupakan kado dari Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru untuk masyarakat Kota Pekanbaru yang memperingati hari jadi Kota Pekanbaru yang ke- 232. Acara peresmian penggunaan atau launching akan dilaksanakan di halaman kantor Walikota Pekanbaru dengan dihadiri oleh pejabat pemerintahan Kota Pekanbaru dan LSM yang ada di Pekanbaru.

iPekanbaru adalah Aplikasi Perpustakaan digital (ePustaka) yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca eBook dan fitur sosial media, dikelola oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kota Pekanbaru (BPA Kota Pekanbaru) kerjasama dengan PT. Woolu Akasara Maya (Aksaramaya) sebagai pengembang aplikasi.

Dalam iPekanbaru itu nantinya ada fitur ePustaka. ePustaka adalah aplikasi perpustakaan digital berisi ribuan koleksi eBook yang bisa dipinjam dan dibaca secara online dan offline melalui berbagai perangkat komputer seperti smartphone, tablet, dan desktop/laptop. Sehingga perpustakaan ada di dalam genggaman.

Bagaimana cara kita untuk bergabung dalam ePustaka? Untuk bergabung dengan epustaka, Anda bisa menekan tombol “Join e-Pustaka” Setelah bergabung, semua buku yang terdapat dalam ePustaka bisa anda baca dengan cara dipinjam.

Selain harus memiliki Smart Phone atau Laptop/Komputer, agar aplikasi dapat berjalan dengan baik, pengguna menggunakan perangkat OS Android minimum versi OS 4 dan RAM 1 GB. Untuk PC/laptop minimum OS windows 7 dan ram 1GB. Sedangkan untuk Radio Online, pengguna hanya perlu membuka link : bpa.pekanbaru.go.id/radio-online dan menekan tombol play pada pemutar radio. Setelah itu, pengguna dapat mendengarkan informasi yang ada pada acara Radio Online yang sedang On-Air.

Dengan inovasi ini, diharapkan dapat mewujudkan visi BPA Kota Pekanbaru yakni sebagai Pusat Informasi dan Dokumentasi serta Pusat Baca di Kota Pekanbaru.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :