Buat Perpustakaan menjadi nyaman, Simak Tipsnya

Kehadiran perpustakaan seharusnya tidak hanya sekedar penghias ruangan atau pelengkap akreditasi semata. Kampus, Masjid, Sekolah atau lembaga pemerintah apapun yang memiliki perpustakaan seharusnya memiliki tujuan yang lebih dari sekedar pelengkap aturan. Ada  hal lain yang semestinya menjadi tujuan akhir dari tegak berdirinya suatu perpustakaan yakni bagaimana perpustakaan dapat memberi arah kemajuan sumber daya manusia didalam maupun diluar lingkungan itu.

perpustakaan yang nyaman

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada lembaga yang mampu melahirkan lulusan yang hebat tanpa membaca informasi yang biasa ada di perpustakaan baik bahan pustaka cetak maupun berupa e-book yang menjadi bahan pustaka elektronik. Sumber daya manusia berkembang dari informasi yang diperoleh, digunakan, maupun diolah untuk melakukan sesuatu. Sehingga perpustakaan diharapkan mampu menjadi tempat lain dari luar lembaga pendidikan yang menghasilkan informasi untuk peningkatan sumber daya manusia.

Menghadapi era pustaka elektronik seperti itu, maka perlu lah bagaimana membuat perpustakaan yang nyaman. Berikut tips dan triknya :

  1. Tentukan lokasi dimana anda akan membuat perpustakaan.

Penentuan lokasi dirasa perlu karena lokasi yang strategis membuat orang akan mudah dan ingin ke perpustakaan. Idealnya pilihlah lokasi yang cukup tenang tetapi juga banyak di lalui orang. Usahakan pula memaksimalkan view perpustakaan yang indah. Siapa yang tidak ingin membaca sambil dikelilingi pemandangan yang indah?

  1. Pencahayaan

Perpustakaan merupakan tempat yang digunakan selama berjam-jam, baik untuk membaca buku, belajar, bahkan melakukan penelitian. Pastikan pencahayaan di Perpustakaan anda cukup terpenuhi sehingga aktivitas membaca tidak akan merusak mata. Pencahayaan sangat penting untuk diperhatikan dalam membuat perpustakaan. Cahaya alami pada siang hari dan lampu untuk membaca sangat membantu untuk menambah pencahayaan.

  1. Pertimbangkan berapa banyak buku yang dimiliki.

Jika anda memiliki banyak buku dan ingin koleksi tetap rapid an bersih buat rak yang memiliki pintu tertutup. Tetapi jika anda menyukai kepraktisan, Buatlah rak buku dengan model terbuka tanpa daun pintu untuk kesan yang lebih modern. Jika koleksi buku anda akan terus bertambah, pertimbangkan untuk membuat rak buku yang bias menampung semua buku anda.

  1. Pastikan kekuatan rak buku

Karen arak buku akan menahan beban yang tak sedikit, maka sebaiknya anda memastikan bahwa rak buku yang akan anda buat cukup kuat untuk menahan beban buku yang akan anda simpan.

  1. Buatlah rak buku yang unik.

Jika ingin membuat visual yang menarik di Perpustakaan anda, desain rak buku menjadi suatu yang tidak biasa. Misalnya setiap kubikal buku diletakkan dengan posisi diagonal sehingga menarik juga menambah nilai artistik. Sentuhan akhir berupa pengecatan akan menyempurnakannya. Hal ini merupakan cara paling murah untuk mendapatkan tampilan baru bagi perpustakaan anda.

  1. Atur buku berdasarkan warna

Strategi mengatur buku berdasarkan warna memiliki potensi untuk menghindari terlalu banyak barang yang tidak beraturan sekaligus membuat tatanan buku tertata secara dekoratif. Gunakan rak berwarna putih da nisi dengan buku-buku berwarna. Perpaduan ini sangat serasi dan bahkan membuat suasana ruangan menjadi lebih segar.

  1. Rencanakan penataan perabot

Perabot yang akan diletakkan di perpustakaan juga harus sudah dipikirkan. Sediakan tempat duduk yang nyaman agar waktu membaca menjadi lebih tenang. Tambahkan tempat duduk seperti sofa dengan bantal atau kursi yang cukup empuk untuk duduk berlama-lama. Agar kehadiran kursi tidak mengaburkan pandangan mata dengan banyaknya buku, gunakan kursi dengan warna solid dan netral.

Upaya tersebut diatas merupakan hal sangat berharga untuk dilakukan.  Mengapa? Karena kini tawaran kemudahan akses informasi sudah semakin nyata. Dengan hadirnya budaya digital yang memungkinkan orang membaca disebarang tempat dan waktu. Maka menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang nyaman untuk membaca memiliki tantangan tersendiri. Tantangan yang menarik untuk dilakukan bila tidak ingin perpustakaan semakin sepi pengunjung.

 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :