Perpustakaan sangat memberikan manfaat dan kegunaan bagi masyarakat banyak, terutama dalam penyajian informasi dimana masyarakat banyak mencari. Masyarakat tidak perlu kebingungan dalam mencari sumber informasi dan referensi yang mereka butuhkan, cukup dengan mendatangi perpustakaan maka kita bisa mendapatkan banyak sumber informasi dan referensi yang terpercaya. Dalam perpustakaan koleksi harus dikelola dengan baik. Khususnya dalam hal penyajian, sangat perlu diperhatikan dengan baik bagaimana menata serta mengelompokkan koleksi perpustakaan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam pengelolaan serta juga memberikan kenyamanan juga kemudahan bagi pengguna perpustakaan agar dapat mencari atau menemukan apa yang dicari.

Cara Klasifikasi Buku dengan Mudah
Untuk dapat menentukan klasifikasi terhadap sebuah buku yang akan dibuatkan label sebagai identitas, hal tersebut biasa dilakukan pada saat kegiatan Administrasi Perpustakaan dalam pengelolaan buku perpustakaan maka gunakanlah aplikasi DDC (Dewey Decimal Classification) supaya lebih cepat menemukan kode kalsifikasi sesuai dengan judul bukunya.

klafisikasi menggunakan aplikasi DDC (Dewey Decimal Classification)

klafisikasi menggunakan aplikasi DDC (Dewey Decimal Classification)

Penataan koleksi yang ada di perpustakaan memang tidak sembarangan. Koleksi di perpustakaan harus ditata menurut panduan khusus, salah satu panduan atau standar dalam mengelompokkan koleksi terutama buku di perpustakaan adalah Sistem Dewey Decimal Classification (DDC). Mengenai Klasifikasi atau pengelompokan Buku dan membuat sebuah Katalog Buku Perpustakaan, sehingga rekan-rekan pustakawan dapat membuat sebuah Format Katalog untuk memudahkan dalam mengeidentifikasi serta memelihara bahan pustaka yang ada di perpustakaan. Melakukan klasifikasi pada Buku memang memiliki beberapa jenis untuk cara menentukannya, baik melalui berdasarkan pada fisik, simbol, kode, huruf, nomor atau bahkan warna, tergantung dengan tata ruang/Rak Buku di perpustakaan, akan tetapi lebih mudah dengan mengurutkan juga mengelompokan buku dengan jenis pengarang atau penulis.

Klasifikasi Buku Perpustakaan

Praktek Klasifikasi Buku di Perpustakaan Kota Pekanbaru

klafisikasi buku dengan cara pembuatan klas pada buku :
1. Tentukan subjek dengan menelaah buku terlebih dahulu
2. buatlah 3 huruf di depan nama / ambil 3 huruf awal nama penulis
3. buatlah 1 huruf judul buku yang adqa diawal judul

Gunanya klafisikasi buku yaitu :
Supaya pemustaka mudah mencari buku yang ada dirak buku, dengan mencarinya dengan memanggil nomor panggil atau mengetikkan judul buku di komputer / di (OPAC).
Klasifikasi Perpustakaan merupakan salah satu kemudahan kepada pemustaka dalam memilih informasi secara tepat dan cepat, kerena itu seorang pustakawan perlu melakukan pengelolaan bahan pustaka, yang meliputi :
– inventarisasi,
– klasifikasi,
– labeling,
– input data ke komputer,
– penyajian Online Public Acces Cataloging (OPAC) serta
– Penataan Koleksi Rak.

Mau tau cara pengolahan buku di perpustakaan !!!
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :