Data Arsip

Data Arsip

Klasifikasi Arsip

Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Jenis-jenis Arsip

Arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu.

Arsip aktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya tinggi dan/atau terus menerus.

Arsip inaktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun.

Arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis masa retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan / atau lembaga kearsipan.

Klasifikasi Arsip

Klasifikasi Arsip adalah penggolongan naskah dinas berdasarkan masalah yang termuat didalamnya dan merupakan pedoman untuk pengaturan penataan dan penemuan kembali arsip.

Klasifikasi arsip dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2012 tentang Tata Kearsipan di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah. Hal ini dalam rangka meningkatkan dan memperlancar penyelenggaraan Tata Kearsipan di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah perlu dilakukan penataan kearsipan sesuai dengan perkembangan dan teknologi

Pola klasifikasi disusun berdasarkan klasifikasi bidang tugas:
000 Umum
100 Pemerintahan
200 Politik
300 keamanan dan ketertiban
400 Kesejahteraan
500 Perekonomian
600 pekerjaan umum dan ketenagakerjaan
700 Pengawasan
800 Kepegawaian
900 Keuangan
Klasifikasi pada masing-masing bidang tugas dapat ditambahkan sesuai kebutuhan.

Arsip 000 Umum
Arsip 100 Pemerintahan
Arsip 200 Politik
Arsip 300 Keamananan dan Ketertiban
Arsip 400 Kesejahteraan Rakyat
Arsip 500 Perekonomian
Arsip 600 Pekerjaan Umum dan Ketenagakerjaan
Arsip 700 Pengawasan
Arsip 800 Kepegawaian
Arsip 900 Keuangan

Sarana dan Prasarana Penyimpanan Arsip

Roll O'pact
Rak Arsip
Box Arsip
Brangkas
Trolly