DIKLAT TENAGA PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PEKANBARU TAHUN 2019

,

Pekanbaru – Puluhan tenaga perpustakaan dan tenaga kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru mengikuti pendidikan dan pelatihan. Pelatihan ini berlangsung di ruang anak lantai II Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru.

Pelatihan ini bertujuan menjadikan tenaga perpustakaan dan tenaga kearsipan lebih profesional. Dengan pelatihan ini, kerja tenaga perpustakaan dan tenaga kearsipan dalam melakukan pelayanan dan pengelolaan perpustakaan dan kearsipan akan lebih mudah karena sudah terkomputerisasi‎. Tugas-tugas seperti memasukkan dan mengolah data buku dan peminjam akan lebih mudah.

IMG_6606

IMG_6607

Dalam undang-undang perpustakaan nomor 43 tahun 2007 keberadaan perpustakaan benar-benar menjadi wahana pembelajaran sepanjang hayat dan wahana rekreasi ilmiah. Selain itu juga menjadi pedoman bagi pertumbuhan dan perkembangan perpustakaan di Indonesia sehingga perpustakaan menjadi bagian hidup keseharian masyarakat Indonesia.

Undang-undang perpustakaan disiapkan oleh pemerintahan untuk dapat digunakan sebagai pedoman bagi kehidupan terutama dalam masalah pendidikan. Penyusunan Undang-undang ini didasarkan pada hasil evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi yang berupa karya tulis, karya cetak, dan /atau karya rekam.

IMG_6612

IMG_6594

4af9e86c-9b98-4f03-874d-c0ce84f22976

Berdasarkan pertimbangan bahwa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional.

Dan Pemateri Hari pertama yaitu Nining Sudiar, M.IP dan Hadira Latiar, M.IP dengan materi Klasifikasi, Katologisasi, pengenalan dan instalasi Inlislite.

Fungsi Perpustakaan yaitu :
– Tempat pembelajaran seumur hidup
– Agen Perubahan budaya
– Tempat berkumpulnya komunitas beraktifitas
– Belajar sesuai dengan gayanya masing-masing.

DIKLAT PUSTAKA

DIKLAT PUSTAKA

Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu inti dari tugas perpustakaan. Bahan pustaka yang masuk ke perpustakaan wajib diolah dengan baik agar proses temu kembali informasi nantinya berjalan lancar dan mewujudkan tertib administrasi. Dalam pelaksanaannya, proses pengolahan bahan pustaka ini dapat berbeda-beda urutan kegiatan atau alur prosesnya antara perpustakaan satu dengan yang lainnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya perbedaan budaya kerja, sumber daya manusia, dan sarana prasarana dalam proses pengolahan. Namun demikian, ada empat kegiatan pokok dalam pengolahan bahan pustaka yaitu: (1) inventarisasi, (2) klasifikasi, (3) katalogisasi, (4) dan shelving.

DIKLAT PUSTAKA

DIKLAT PUSTAKA
1. Inventarisasi
Kegiatan inventarisasi merupakan tindak lanjut setelah diterimanya koleksi, Jadi, sesunggguhnya kegiatan inventarisasi berkaitan langsung dengan pengadaan. Inventarisasi dalam bidang perpustakaan merupakan suatu kegiatan untuk mencatat pustaka yang menjadi milik perpustakaan sekolah.
Berikut ini ada beberapa hal yang dilakukan dengan menginventarisir koleksi perpustakaan :
Setiap bahan pustak yang baru diterima harus diberi cap perpustakaan pada halaman judul dan halaman tertentu yang sudah disepakati
Setiap bahan pustaka yang didaftarkan dalam buku induk.

2. Klasifikasi
Salah satu tujuan utama semua perpustakaan adalah mengusahakan agar semua pengunjung dapat secara mudah dan langsung memperoleh bahan yang diperlukannya. Salah satu diantara alat-alat diciptakan orang untuk maksud tersebut adalah klasifikasi.
Klasifikasi adalah pengelompokan yang sistematis dari pada sejumlah obyek, gagasan, buku atau benda-benda lain ke dalam kelas atau golongan tertentu berdasarkan cirri-ciri yang sama.
Ada beberapa macam sistem klasifikasi yang digunakan oleh perpustakaan di dunia, seperti : AACR2, ISBD, RDA, Peraturan Pengatalogan Indonesia, Deway Decimal Classification (DDC), dan lain-lain. Sistem klasifikasi yang paling banyak digunakan di beberapa Negara di dunia termasuk negara Indonesia adalah Deway Decimal Classification (DDC).
Sekilas Mengenai Deway Decimal Classification (DDC) Bagan klasifikasi DDC ini merupakan bagan klasifikasi yang paling popular dan paling banyak digunakan di Indonesia. DDC membagi semua ilmu pengetahuan ke dalam 10 kelas utama (Main Classes) yang diberi notasi berupa angka arab 000-900. Setiap kelas utama dibagi secara decimal menjadi 10 sub kelas (devision). Kemudian sub kelas dibagi lagi secara decimal menjadi 10 seksi (section), dan seterusnya.

Kelas Utama :
000 – Karya Umum
100 – Filsafat dan Psikologi
200 – Agama
300 – Ilmu-Ilmu Sosial
400 – Bahasa
500 – Ilmu-Ilmu Murni
600 – Teknologi dan Ilmu Terapan
700 – Kesenian, Hiburan dan Olahraga
800 – Kesastraan
900 – Geografi dan Sejarah

3. Katalogisasi
Katalogisasi adalah proses pembuatan daftar pustaka (buku, majalah, CD, film mikro dan sebagainya) milik suatu perpustakaan. Daftar ini berfungsi untuk mencatat koleksi yang dimiliki, membantu proses temu kembali, dan mengembangkan standar-standar bibliografi internasional (Lasa Hs, 2007:129). Bentuk daftar pustaka ini bermacam-macam, seperti katalog cetakan, katalog berkas, katalog kartu, maupun katalog elektronik yang lazim disebut sebagai OPAC (Online Public Acces Catalog). Masing-masing bentuk katalog ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. (Taufiq A.D dan Tri S. 2000. Pedoman Pengelolaan Perpustakaan Madrasah. Yogyakarta: BEP-FKBA-LPP)

4. Shelving
Shelving adalah kegiatan penjajaran koleksi ke dalam rak/tempat koleksi berdasarkan sistem tertentu. Kegiatan ini merupakan langkah terakhir dari proses pengolahan bahan pustaka. Tujuannya agar koleksi dapat ditemukan dengan mudah dan dapat dikenali oleh pengguna atau pustakawan.

IMG_6633

DIKLAT PUSTAKA

DIKLAT PUSTAKA

DIKLAT TENAGA PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PEKANBARU TAHUN 2019

#Diklat #Pelatihan #PelatihanPerpustakaandanKearsipan
#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru
#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan
#arsip#dokumen #library #librarian #book #archive #history #bandarayamelayu#bandarserimelayu

#SalamLiterasi
#SalamSmart

BACA & PINJAM >>> GRATISSS

Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://twitter.com/dpkpekanbaru
Facebook : https://www.facebook.com/DpkPekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/ipekanbaru.id

-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :