Dispusip lakukan Survey Minat Baca 2017 Kota Pekanbaru, Buktikan Pekanbaru Gemar Membaca!

Literasi terus menjadi isu penting di tingkat global saat ini. Indonesia menjadi salah satu negara yang terus bergeliat untuk menjadikan isu ini mengakar ke masyarakat, baik dari pusat hingga ke seluruh plosok negeri sebagai kristalisasi misi mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hasil survey tingkat dunia yang dilakukan oleh Kenekticket tentang minat baca seluruh negara di dunia telah menempatkan Indonesia pada juara dua terbawah, tepatnya  urutan ke 60 dari 61 negara yang disurvey, dengan jumlah 0-0,001 buku yang dibaca pertahun. Hasil ini hendaknya bukan sebuah masalah tetapi adalah tantangan bagi seluruh warga negara untuk terus membangkitkan gerakan literasi, menumbuhkan minat baca hingga ke daerah-daerah plosok. Hasil ini tak boleh membuat anak-anak bangsa menjadi kehilangan semangat, tetapi ini harus dijadikan motivasi untuk terus membaca sambil memprovokasi yang lain. Sebab, membaca adalah jembatan emas menuju kesejahteraan. Karena itu membaca harus dibudayakan untuk menjadi bagian dari rutinitas masyarakat Indonesia.

survey2

Untuk  Kota Pekanbaru memiliki skor 24.9 dalam survey minat baca yang dilakukan pada penelitian Perpustakaan Nasional (Perpusnas)  Republik Indonesia tahun 2016. Skor tersebut termasuk dalam kategori Sangat Rendah. Menyikapi hal tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru telah melakukan berbagai hal dalam peningkatan minat baca. Selain dengan giatnya Perpustakaan Keliling “menjemput bola” ke berbagai daerah dalam menyebar virus baca, hingga  ada iPekanbaru (Aplikasi baca buku digital berbasis media sosial) yang menjadi salah satu inovasi yang diharapkan terwujudnya peningkatan minat baca di Kota Pekanbaru.

survey10

survey13

Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat baca tersebut, Mulai hari Senin/ 5 Desember 2017 hingga 6 hari mendatang, akan ada tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru yang melakukan survey minat baca di seluruh kecamatan Se-Kota Pekanbaru.  Survey ini akan melibatkan 3600 responden dari masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, serta berbagai kalangan  yang berada di 12 kecamatan di Kota Pekanbaru. Ada 6 tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru yang akan menyebarkan kuesioner dan mencari responden secara acak. Masing-masing tim bertanggung jawab untuk dua kecamatan yang berbeda.  Nah… jika kamu nantinya bertemu dengan salah satu TIM kami dan diminta untuk menjadi responden, mohon kerjasamanya untuk ikut berpartisipasi dalam suksesnya survey minat baca di Kota Pekanbaru tahun 2017 ini.

survey11

Salam Literasi
 
#Dispusip #Pekanbaru
#AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#SalamSmart #DispusipPekanbaru
 
——————————
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
 
Email : info@bpa.pekanbaru.go.id
Website : bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://twitter.com/dpkpekanbaru
Facebook : facebook.com/DpkPekanbaru
Fanspage : https://www.facebook.com/BPAKotaPekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/ipekanbaru.id/
Apps Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=mam.reader.ipekanbaru

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DPK Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :