DISPUSIP PEKANBARU MENGUCAPKAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1439 H

Dinas Perustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Mengucapkan Selamat menyambut bulan suci ramadhan, Mohon maaf lahir dan batin.

Dinas Perustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Mengucapkan
Selamat menyambut bulan suci ramadhan, Mohon maaf lahir dan batin.

Sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan yang agung, bulan mulia yang penuh berkah,  bulan yang ditunggu-tunggu yaitu bulan suci Ramadhan. Kaum Muslimin seluruh dunia tentu merindukan kedatangannya. Kita, sebagai kaum Muslimin, ingin segera bertemu dengan tamu agung ini. Suatu kerinduan yang cukup beralasan karena ia datang hanya setahun sekali.

Menyambut Ramadhan 2018, bulan yang penuh berkah merupakan tamu istimewa bagi orang-orang yang beriman dan kedudukannya sangat mulia. Mereka saling mengabarkan berita gembira itu dan saling mengucapkan selamat satu sama lain tentang kedatangannya. Semuanya pun berjanji agar (kabar kedatangan) tamu agung ini disampaikan dan (pada akhirnya) semua orang akan memperoleh kebaikan dan keberkahan yang ada di dalamnya.

Sedemikian mulianya bulan ini hingga Rasulullah dan para sahabatnya mempersiapkan kedatangan bulan Ramadhan jauh-jauh hari sebelumnya. Ada dua bentuk persiapan yang mesti dilakukan kaum Muslimin, yaitu persiapan mental dan persiapan amal.
Persiapan mental, yaitu dengan mengingat-ingat keutamaan Ramadhan dan berdoa.
Adapun persiapan amal adalah dengan banyak berpuasa dan banyak membaca Alquran.

Agar mental kita lebih siap dalam memasuki bulan Ramadhan, maka cara terbaik adalah dengan mengingat-ingat keutamaan Ramadhan. Sebab, keutamaan inilah yang akan memotivasi seorang Muslim untuk menjalani kewajiban puasa Ramadhan dan berbagai amalan-amalan pendukungnya dengan penuh semangat.

Keutamaan bulan Ramadhan, di antaranya :
– Ramadhan sebagai bulan berkah,
– Ramadhan bulan diampuninya dosa,
– Ramadhan bulan diturunkannya Al-Qur’an,
– Ramadhan malam lailatul qadr,
dan masih banyak lagi keutamaan bulan Ramadhan.
Tidak salah jika bulan Ramadhan disebut sebagai bulan investasi amal dan panen pahala.

Di samping mengingat keutamaan Ramadhan, yang utama juga adalah berdoa. Berdoa berarti mempersiapkan mental dan hati. Yahya bin Abi Katsir berkata, “Di antara doa-doa orang saleh ketika menyambut Ramadhan adalah sebagai berikut: “Ya Allah, pertemukanlah aku dengan bulan Ramadhan, dan selamatkanlah Ramadhan bagiku, dan terimalah Ramadhan itu dariku.”

Di samping persiapan mental, persiapan lainnya adalah persiapan amal, yaitu membiasakan berpuasa sebelum memasuki bulan Ramadhan dan memperbanyak tilawah Alquran.

Adapun persiapan amal yang kedua adalah memperbanyak baca Alquran.  Anas bin Malik ra berkata, “Ketika kaum Muslimin memasuki bulan Sya’ban, mereka sibuk membaca Alquran dan mengeluarkan zakat mal untuk membantu fakir miskin yang berpuasa.” Seorang salafush-shalih juga pernah berkata, “Sya’ban adalah bulan para pembaca Alquran.”

Fajar ramadhan segera menghampiri dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. selamat menunaikan ibadah puasa 1439 H semoga amal kita diterima Alllah SWT. Amiiin …

Dinas Perustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Mengucapkan
Selamat menunaikan ibadah puasa, Mohon maaf lahir dan batin.

#DispusipPekanbaru
#Dispusip #Pekanbaru #bandarayapekanabru
#AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#buku #perpustakaan#pustaka #pustakawan #arsip
#dokumen #library #librarian #book #archive #history
#perpusseru #menyambutrahmadhan #rahmadhandatang #marhabanyarahmadhan

Ayooo Membaca…..
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :