Dr. H. Mustafa Umar, Lc, M.A

Jumat, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 Februari 2018, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru mengadakan tausiah pagi bersama ustadz Dr.H. Mustafa Umar, Lc, M.A

mustafa umar

Dr. H. Mustafa Umar, Lc, M.A

Ringkasan tausiah beliau tentang 2 hal yang ada didalam diri:

  1. Dada(shodrun) merupakan tempat terbit nya keinginan. Contoh; dada kita berkata lihatlah maka mata akan melihatnya, bila dada berkata ambillah maka tangan akan mengambil. Kata penjelas dari shodrun/dada adalah lapang dada. Lapang dada adalah satu kondisi yang menjadikan sesorang mampu melaksanakan keta’atan kepada Allah Ta’ala dengan semaksimal mungkin.
    Dalam sebuah riwayat, pada saat nabi saw mengalami hari yang sangat berat yaitu paman beliau abu tholib dan istinya khodijah rodhiallahu ‘anha wafar ditahun yang sama. Beliau hijrah ke to’if untuk mencari perlindungan karena pelindung nabi di makkah abu tholib telah wafat.  Setiba di to’if nabi saw dilempari dengan batu oleh penduduk to’if hingga berdarah-darah. Akhirnya nabi saw pergi meninggalkan to’if dan berhenti sejenak dibawah pohon anggur milik orang to’if sambil meletakkan kepalanya dengan penguat siku tangannya di atas batu yang ada didekat pohon anggur itu, sehingga batu bekas tangan nabi saw tersebut berbekas. Di tempat itulah kemudian diberi tanda dengan didirikan masjid dengan nama Kuk (Kuw’).  Nabi saw duduk memikirkan kenapa penduduk to’if tidak begitu. Lalu datang malaikat jibri bersama malaikat gunung. Jibril berkata, ya muhammad, kalau engkau menghendaki niscaya kami akan angkat gunung-gunung lalu kami timpakan kepada penduduk to’if. Nabi saw mengatakan jangan,, mereka begitu karena mereka tidak tahu. Kalau hari ini mereka tidak mau menerima kebenaran, mudah-mudahan kelak anak cucu mereka yang akan beriman.
    Begitulah akhlak rosulullah yang lapang dada.
  2. Hati (qolbun) yang sifatnya berbolak balik. Didalam hati terdapat iman dan nafsu. Apabila yang menguasai adalah iman maka seseorang akan taat, sebaliknya apabila yang menguasai hati adalah nafsu maka seseorang akan maksiat.

Hati letaknya didalam dada. Oleh karna sifat hati yang berbolak balik, maka hendaklah berdoa agar hati diteguhkan dalam ketaatan. Kalau hati dikuasai oleh iman maka dada akan menjadi lapang, hati juga akan merasakan ketenangan. Apapun akan dikaitkan nya dengan akhirat. Kalau hati yang berbolak-balik ini dikuasai oleh nafsu maka dada akan menjadi sempit, hati juga tidak akan pernah tenang.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :