Jejak Pekanbaru dari Masa ke Masa. Objek wisata sejarah di Pekanbaru yang patut dikunjungi wisatawan adalah Rumah Tuan Kadi. Khusus Rumah Tuan Kadi atau Rumah Singgah Sultan Siak berbentuk rumah panggung berarsitek Melayu ini dibangun oleh H Nurdin Putih (mertua Tuan Qadhi H Zakaria) sekitar tahun 1895. Rumah ini terletak di tepi Sungai Siak, sekarang tepatnya di bawah Jembatan Siak III atau Jembatan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah.

Pada tiang tangga yang terbuat dari bata berspesi tertera sebuah inskripsi “23:7” di kepala tangga sebelah kiri dan “1928” di kepala tangga sebelah kanan yang menunjukkan tarikh pembangunan tangga batu rumah panggung kayu ini yaitu “23:7 1928” atau “23 Juli 1928”
Rumah panggung kayu berbentuk limas ini merupakan dan berfungsi sebagai rumah singgah bagi Sultan Siak Sri Indrapura apabila berkunjung ke Senapelan (Pekanbaru).

Di tempat inilah Sultan Siak beserta pengiringnya beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Rumah Tuan Qadhi lainnya yang terletak persis di belakang Mesjid Raya Pekanbaru atau sekitar 1.000 kaki ke arah tenggara. Sekitar tahun 1990-an rumah tradisional Melayu yang terbilang langka ini sempat berganti kepemilikan dari Hj. Aziah (cucu H. Nurdin Putih) kepada Atan Gope (alm), seorang pengusaha besi tua yang sukses di kawasan Senapelan era 1990-an hingga saat ini. sumber : Tribunpekanbaru.com

foto zaman doelu dan sekarangFoto ini merupakan foto yang meraih juara I dalam perlombaan fotografi pekanbaru dari masa kemasa, yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru dalam rangka memeriahkan hari Kearsipan ke-47 tahun 2018.

Nama Foto : Rumah singgah Tuan Kadi di Senapelan
Lokasi dulu : Rumah singgah Tuan Kadi
Lokasi Sekarang : Rumah Singgah Tuan Kadi
Tahun foto lama : 1990-an
Tahun foto sekarang : 2018
Nama Pemenang : MUSLIM
Hadiah : Uang tunai Rp. 3.000.000.- + Trofi, dan Sertifikat

Repro : MUSLIM (Peserta yang meraih Juara I dalam perlombaan fotografi pekanbaru dari masa kemasa, yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru dalam rangka memeriahkan hari Kearsipan ke-47 tahun 2018).

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP)
Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Gallery Arsip DISPUSIP Pekanbaru

Ingin share Foto Pekanbaru Jadulmu?
Follow dan silahkan Tag Akun kami @arsip_pekanbaru atau email kami bidangkearsipan@gmail.com
————————

Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :