Kumpulan Pantun-pantun dalam Budaya Melayu

pantun nasehat

PANTUN YANG MENGANDUNG DAKWAH DAN TUNJUK AJAR MELAYU
Pantun-pantun yang disajikan dalam tulisan ini, adalah pantun yang oleh orang tua-tua Melayu dianggap sebagai pantun yang mengandung unsur dakwah dan tunjuk ajar, atau dianggap mengandung nilai-nilai luhur agama, budaya, dan norma-norma sosial masyarakat. Karena pantun-pantun ini dipergunakan dalam berbagai keperluan dan kegiatan, maka tidaklah dipisahkan antara satu dengan lainnya.
Misalnya, pantun dipakai sebagai pantun adat, lalu dipakai pula sebagai pantun nasehat, dipakai pula untuk pantun nyanyian, dan seterusnya. Pemakaian beragam itu menyebabkan pantun-pantun ini secara keseluruhan dianggap sama, yakni sebagai “pantun dakwah dan tunjuk ajar” atau “pantun berisi” atau “pantun nasehat” atau “pantun tua”. Hanya, kadar isi dakwah dan tunjuk ajarnya tidaklah sama, ada yang kental, dan ada pula yang sedikit, ada pula yang penuh mulai dari sampiran, ada yang hanya dua baris terakhir saja.
Pantun Nasehat, Adat Istiadat, Kasih Sayang

Pantun Nasehat
Penulis : DR (HC)) H. Tenas Efendi
Penerbit : Pemerintah Kota Pekanbaru
Edisi Desember 2016
#Buku ini tersedia di Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo no 1
Gobah Pekanbaru
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/ -SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :