, ,

MENGAPA ORANG MALAS MEMBACA
Membaca memerlukan energi yang besar, konsentrasi, fokus, daya nalar dan analisis, Mahasiswa/siswa suka instant, dan jalan pintas.

KITA ADALAH APA YANG KITA KERJAKAN BERULANG-ULANG, KEUNGGULAN BUKANLAH KEBETULAN MELAINKAN SEBUAH KEBIASAAN (ARISTOTELES)

TUJUAN DAN MANFAAT MEMBACA
– Menambah atau memperkaya diri dengan berbagai informasi tentang topik-topik yang menarik.
– Memahami dan menyadari kemajuan secara pribadi.
– Meningkatkan pemahaman tentang dunia yang luas.
– Memperluas cakrawala, wawasan, berfikir
– Memahami kehidupan orang-orang besar atau pemimpin terkenal dengan jalan membaca biografinya.
– Menikmati atau ikut merasakan liku-liku pengalaman petualangan dan kisah hidup orang lain.
(HILMAN DALAM ABD RAHMAN 1985:9)

malas membaca

Mengapa Orang Malas Membaca

  • Dengan membaca kita bisa meningkatkan kemampuan berlogika. Beberapa buku teks menyajikan alur logika sebuah penalaran. Ada banyak logika penalaran dalam banyak buku. Ada yang sejalan dengan logika kita, ada yang bertentangan dengan logika kita, bahkan ada yang melawan arus logika umum.
  • Dengan membaca kita bisa menjadi seorang ahli. Brian Tracy mengatakan bahwa untuk menjadi seorang ahli kita harus membaca 100 buku dalam bidang tertentu. melakukan hal ini sampai 5 tahun kita akan menjadi ahli pada level internasional. Dengan memanfaatkan internet, waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ahli hanya sekitar 3 tahun
  • Dengan Membaca akan meningkatkan kreatifitas. Membaca banyak hal mengenai kehidupan, berkenalan dengan gagasan-gagasan baru dan informasi baru akan meningkatkan kreatifitas otak.
  • Dengan Membaca akan membantu memberi bahan pembicaraan. Ada banyak hal dalam buku yang bisa menjadi bahan pembicaraan.
  • Dengan membaca akan mengurangi kebosanan. Jika kita mulai merasa bosan, maka membaca buku-buku yang menarik adalah salah satu solusinya.
  • Dengan membaca akan mengurangi stres. Di hari yang melelahkan, membaca buku-buku fiksi merupakan sesuatu yang menyenangkan.
  • Dengan Membaca akan meningkatkan kreatifitas. Membaca banyak hal mengenai kehidupan, berkenalan dengan gagasan-gagasan baru dan informasi baru akan meningkatkan kreatifitas otak.
  • Dengan Membaca akan membantu memberi bahan pembicaraan. Ada banyak hal dalam buku yang bisa menjadi bahan pembicaraan.
  • Dengan membaca akan mengurangi kebosanan. Jika kita mulai merasa bosan, maka membaca buku-buku yang menarik adalah salah satu solusinya.
  • Dengan membaca akan mengurangi stres. Di hari yang melelahkan, membaca buku-buku fiksi merupakan sesuatu yang menyenangkan.
  • Dengan membaca akan mendapatkan kedamaian. Untuk orang-orang yang memiliki energi berlebih, kegiatan membaca membuatnya duduk dan setia. Kegiatan harian seperti ini membuat kita lebih santai.
  • Dengan membaca akan meningkatkan kemampuan menganalisa dan menemukan solusi. Menurut studi Cunningham, kemampuan menganalisa bisa ditingkatkan dengan membaca. Dengan membaca maka kemampuan umumnya akan meningkat, dan terutama akan meningkatkan kemampuan mengenali pola. Maka kemampuan menganalisa akan meningkat juga. Jika kemampuan menganalisa meningkat, maka kemampuan menemukan solusi juga akan meningkat. Membaca merupakan proses mental yang aktif.
  • Dengan Membaca memungkinkan kita untuk memahami hal-hal baru. Kegiatan ini membuat otak aktif sehingga menjadi lebih pintar. Dengan membaca pikiran kita akan dipaksa untuk mengikuti logika dan alasan alur teks. Bandingkan dengan duduk di depan TV – si “kotak idiot.”

Anne E. Cunningham dalam papernya berjudul “WHAT READING DOES FOR THE MIND” menemukan bahwa dengan membaca secara umum membuat kita lebih pintar, terutama pada usia tua. Membaca meningkatkan kemampuan memahami kata dan kalimat. Para penulis sukses akan mengatakan kepada kita bahwa untuk meningkatkan kemampuan menulis, kita perlu membaca setiap hari.

  1. Dengan membaca kita akan mengetahui cara orang menyatakan perasaannya. Membaca membuat kita mengenal budaya dan tempat lain.
  2. Dengan membaca kita akan menemukan keragaman etnis manusia, budayanya, tata kehidupannya dan gaya hidupnya.
  3. Dengan Membaca akan meningkatkan konsentrasi pikiran. Membaca buku memerlukan konsentrasi jangka panjang. Semakin sering dilatih, konsentrasi kita akan semakin baik. Membaca akan meningkatkan penghargaan diri.
  4. Dengan banyak membaca maka pengetahuan kita akan bertambah. Jika pengetahuan kita bertambah, maka kepercayaan diri akan muncul. Akibatnya, suatu ketika orang lain akan datang pada kita untuk mencari jawaban atas persoalan yang tengah mereka hadapi.
  5. Dengan Membaca akan meningkatkan konsentrasi pikiran. Membaca buku memerlukan konsentrasi jangka panjang. Semakin sering dilatih, konsentrasi kita akan semakin baik. Membaca akan meningkatkan penghargaan diri
  6. Dengan banyak membaca maka pengetahuan kita akan bertambah. Jika pengetahuan kita bertambah, maka kepercayaan diri akan muncul. Akibatnya, suatu ketika orang lain akan datang pada kita untuk mencari jawaban atas persoalan yang tengah mereka hadapi.

Membaca akan meningkatkan kekuatan memori mengingat.
Otak jika jarang digunakan akan mengalami kemerosotan kemampuan. Semakin sering digunakan, otak kita akan semakin baik dalam bekerja. Dengan membaca kita akan dilatih untuk mengingat detail, nama orang, fakta, sumber tulisan, fakta, alur cerita, tema dan karakter.

  1. Membaca akan meningkatkan ke disiplinan. Satu dari empat orang tak pernah menyelesaikan satu buku pun untuk dibaca. Kita sering beralasan tak ada waktu untuk membaca buku. Justru saat itulah kita ditantang untuk memanfaatkan waktu-waktu senggang untuk membaca. Sisihkan sepuluh-dua puluh menit tiap hari untuk membaca buku.
  2. Membaca merupakan proses mental secara aktif. . Tidak seperti duduk di depan sebuah kotak idiot (HP, TV, Plasystation, dll), membaca membuat Anda menggunakan otak Anda. Ketika membaca, Anda akan dipaksa untuk memikirkan banyak hal yang Anda belum mengetahuinya. Dalam proses ini, Anda akan menggunakan sel abu-abu otak Anda untuk berfikir dan menjadi semakin pintar.
  3. Membaca akan meningkatkan kosakata Anda. Anda dapat belajar bagaimana mengira suatu makna dari suatu kata (yang belum Anda ketahui) dengan membaca konteks dari kata-kata lainnya di sebuah kalimat. Buku, terutama yang menantang, akan menampakkan kepada Anda begitu banyak kata yang mungkin sebaliknya belum Anda ketahui.
  4. Membaca akan meningkatkan konsentrasi dan fokus.  Anda perlu untuk bisa fokus terhadap buku yang sedang Anda baca untuk waktu yang cukup lama. Tidak seperti majalah, internet atau email yang hanya berisi potongan kecil informasi, buku akan menceritakan keseluruhan cerita.
  5. Membaca dapat Membangun kepercayaan diri. Semakin banyak yang Anda baca, semakin banyak pengetahuan yang Anda dapatkan. Dengan bertambahnya pengetahuan, akan semakin membangun kepercayaan diri. Jadi hal ini merupakan reaksi berantai. Karena Anda adalah seorang pembaca yang baik, orang-orang akan mencari Anda untuk mencari suatu jawaban.
  6. Membaca akan meningkatkan konsentrasi dan fokus.  Anda perlu untuk bisa fokus terhadap buku yang sedang Anda baca untuk waktu yang cukup lama. Tidak seperti majalah, internet atau email yang hanya berisi potongan kecil informasi, buku akan menceritakan keseluruhan cerita.
  7. Membaca dapat Membangun kepercayaan diri. Semakin banyak yang Anda baca, semakin banyak pengetahuan yang Anda dapatkan. Dengan bertambahnya pengetahuan, akan semakin membangun kepercayaan diri. Jadi hal ini merupakan reaksi berantai. Karena Anda adalah seorang pembaca yang baik, orang-orang akan mencari Anda untuk mencari suatu jawaban.
  8. Membaca akan meningkatkan konsentrasi dan fokus.  Anda perlu untuk bisa fokus terhadap buku yang sedang Anda baca untuk waktu yang cukup lama. Tidak seperti majalah, internet atau email yang hanya berisi potongan kecil informasi, buku akan menceritakan keseluruhan cerita.
  9. Membaca dapat Membangun kepercayaan diri. Semakin banyak yang Anda baca, semakin banyak pengetahuan yang Anda dapatkan. Dengan bertambahnya pengetahuan, akan semakin membangun kepercayaan diri. Jadi hal ini merupakan reaksi berantai. Karena Anda adalah seorang pembaca yang baik, orang-orang akan mencari Anda untuk mencari suatu jawaban.
  10. Membaca dapat Meningkatkan kreativitas. Membaca tentang keanekaragaman kehidupan dan membuka diri Anda terhadap ide dan informasi baru akan membantu perkembangan sisi kreatif otak Anda, karena otak Anda akan menyerap inovasi tersebut ke dalam proses berfikir Anda.
  11. Membaca dapat Mengurangi kebosanan. Salah satu kebiasaan yang saya miliki adalah, apabila saya merasa bosan, maka saya akan mengambil buku dan mulai membacanya. Apa yang saya temukan dengan berpegang kepada kebiasaan ini adalah, saya menjadi semakin tertarik dengan suatu bahasan buku dan saya sudah tidak bosan lagi.

MENGAPA ORANG MALAS MEMBACA

  • Dengan membaca akan meningkatkan kemampuan menulis. Telah disebutkan bahwa dengan membaca akan meningkatkan kemampuan memahami kata dan meningkatkan kemampuan berpikir. Jika kita sering membaca karya penulis hebat, maka kita akan merasa mampu menulis dengan lebih baik.
  • Dengan membaca akan membantu memprioritaskan tujuan. Kadang kita merasa sudah tahu apa yang kita butuhkan. Namun dengan membaca, kita menemukan banyak hal yang tidak kita ketahui tentang diri kita sendiri. BERLATIH LAH MEMBEDAKAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN KALAU KE PASAR
  • Dengan membaca meningkatkan kemampuan berimajinasi. Isi dari buku adalah gagasan. Semakin banyak kita membaca maka akan semakin banyak informasi, ide dan situasi yang masuk ke otak kita. Otak kita dilatih untuk aktif menggunakan kemampuan kreatif.
  • Dengan membaca kita bisa belajar di mana pun. Buku merupakan sesuatu yang portabel. Bisa di bawa kemana pun. Maka kita bisa membaca buku di mana pun.
  • Dengan membaca kita mendapatkan hiburan yang murah. Harga buku ada yang mahal dan namun ada juga buku yang murah. Coba cari buku-buku stok lama di pameran buku. Harga buku-buku terjemahan bisa turun menjadi sepertiganya. Buku-buku itu bisa dinikmati satu dua minggu. Dengan nilai uang yang hampir sama jika kita bisa menonton bioskop untuk satu kali pemutaran.
  • Dengan membaca kita bisa belajar dengan cara kita sendiri. Pendidikan formal butuh banyak waktu dan dana. Dengan belajar sendiri melalui buku-buku, waktu dan dana tersebut bisa kita hemat. Contoh; Saat ini pelatihan jurnalistik untuk tingkat pemula ongkosnya murah. Untuk tingkat menengah, ongkosnya juga agak di atas. Untuk tingkat profesional, ongkosnya diatas satu juta. Namun dengan uang sekitar seratus ribu, kita bisa membeli buku terjemahan stok lama di pameran buku sejumlah dua sampai tiga buah. kita juga bisa mendownload buku-buku asing dalam jumlah banyak.

PERNYATAAN INI AGAK EKTRIM; TAPI DIDUKUNG DENGAN SEBUAH BUKU YANG BERJUDUL “KALAU MAU KAYA NGAPAIN SEKOLAH
Dengan membaca kita bisa menghindari kegagalan. Dari buku kita bisa tahu bagaimana cara mengelola uang. Maka keuangan pribadi dan usaha kita akan terhindar dari petaka yang parah. Dari buku kita juga bisa belajar nilai-nilai kebijaksanaan sehingga bisa menghindari kesalahan dalam membuat keputusan.
Dengan membaca kita bisa menghindar ketergantungan terhadap dunia digital. Pada suatu liburan, hujan gerimis turun. Ketika tengah asyik di depan komputer, tiba-tiba listrik padam. Baterei HP juga hampir habis. Apa yang akan kita lakukan. Tidur? Jika ada buku yang menarik, rasanya lebih menyenangkan membacanya di teras rumah.

> sy*

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :