Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Dinas Kebudayaan Provinsi Riau

Perlombaan ini diikuti sebanyak 40 peserta dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Riau dengan dewan juri yang dipimpin Prof Dr Mukhtar Ahmad didampingi Prof. Dr. Hasnah Faizah. MHum, Datuk Seri H. Al Azhar, H. Mustamir Thalib, H. Dheni Kurnia, dan Dr. Junaidi. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah ini sendiri merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Riau dalam membangkitkan semangat kebudayaan bagi generasi muda. Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah adalah dari Sekolah Menengah Atas (SMA) se Provinsi Riau, mewakili kabupaten dan kota masing-masing.
Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah

Lomba Karya Tulis Ilmiah Dinas Kebudayaan Prov. Riau Tahun 2017 mengambil tema : “Kearifan Budaya Lokal Melayu Yang Menduku Visi Riau 2020”.

Bentuk Karya yang dilombakan adalah berbentuk esai yang bersifat inovatif, kreatif dan ilmiah. Tulisan berisi gagasan untuk mengatasi permasalahan kebudayaan di Riau. Tulisan harus didukung data empiris/informasi yang dapat dipercaya dengan menuliskan daftar pustaka. Tulisan harus asli bukan jiplakan atau bukan duplikasi.

Dari 40 peserta yang ada kemudian diseleksi tanggal 15 September 2017 yang menyisakan 24 peserta. Dari sisa tersebut telah dilakukan seleksi kedua pada tanggal 13 Oktober 2017 lalu dan menghasilkan 12 peserta yang akan diseleksi pada tahap berikutnya.

Sisa 12 peserta kemudian diseleksi berdasarkan hasil Presentasi Karyanya di hadapa para juri pada tanggal 26-28 Oktober 2017.

Presentasi Karya oleh 12 peserta ini sangatlah kreatif dengan materi yang sangat bagus. Tahap presentasi ini menghasilkan 6 karya tulis ilmiah terbaik se-Prov. Riau tahun 2017 dengan urutan berdasarkan pemenang :

Juara 1 – SITI FAUZIYAH NUR – SMA Negeri 5 Tambusai Utara – Rokan Hulu
Judul :
MELACA (MELAYU FLASH CARD) BERBASIS PERMAINAN KARTU BRIDGE: MEDIA PENGENALAN NILAI KEARIFAN LOKAL MELAYU RIAU PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Juara 2 – IHSAN OKTA HARMAH – Kampar
Judul :
KHAZANAH KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KAMPAR DALAM USAHA MELESTARIKAN HUTAN WARISAN ADAT GHIMBO POTAI DI KENEGERIAN RUMBIO

Juara 3 – AMININ – Bengkalis
Judul :
PERKEMBANGAN SENI TARI JOGET BONTEK DI KABUPATEN BENGKALIS

Keterangan :
Joget Bontek adalah kebudayaan seni tari pada Suku Sakai yang eksistensinya telah memudar sehingga pengetahuan tentang seni tersebut tidak diketahui secara baik di kalangan masyarakat baik dalam sejarah maupun alur ceritanya.

Harapan 1 – RINA OCTAFIANI – SMA Negeri 1 Mempura – Siak
Judul :
KEARIFAN LOKAL BUDAYA TANJAK DI SIAK

Harapan 2 – VEGA AISYAH ALIFA KHAN – SMA NEGERI 5 – Pekanbaru
Judul :
MENGGAGAS KEMBALI BUDAYA BATOBO DAN SISTEM EDING (HUTAN PERANTARA) SEBAGAI BUDAYA LOKAL MELAYU RIAU YANG MENDUKUNG TERWUJUDNYA VISI RIAU 2020

Harapan 3 – SAIFUL IMAM SUBEKTI – SMA N 1 RENGAT BARAT – Indragiri Hulu
Judul :
OPTIMALISASI  POTENSI OBJEK WISATA DANAU RAJA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT TEMPATAN MENDUKUNG VISI MISI RIAU 2020

Keterangan :
Penyediaan Tempat Atraksi Budaya Pendukung Wisata Inhu, dengan menampilkan :
Tarian Lukah
Tarian Gedobang
Rentak Bulian
Teater Rengat Berdarah
Nandong
Berzanji
Nyanyian Sialang
Surat Kapal

Selamat kepada para pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Tahun 2017. Semoga karya-karyanya akan sangat bermanfaat bagi sekolah, masyarakat dan pemerintah dalam membuat program-program kebudayaan yang mendukung Visi Riau 2020.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DPK Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :