Pendampingan E-Arsip dan Penyerahan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) pada Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru

Pekanbaru – Pagi ini (19/9/2018) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si membuka acara Pendampingan E-Arsip dan Penyerahan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Ruang Rapat Dispusip Kota Pekanbaru. Kepala ANRI yang diwakili oleh Kepala Pusat Jasa Teknis Arsip Nasional Republik Indonesia, Drs. Amieka Hasraf, MM beserta staf telah menyerahkan aplikasi SIKD versi terbaru dan sekaligus melakukan pendampingan implementasinya. Menurut keterangan dari Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, bahwa aplikasi ini sangat bermanfaat dalam pengelolaan Arsip Dinamis menuju tertib arsip bagi Pemerintah Kota Pekanbaru.

SIKD

Kepala Dispusip pun menambahkan bahwa OPD yang akan diimplementasikan yaitu Dispusip, Bapedda dan BPKAD Kota Pekanbaru. Hal ini mengingat Dispusip selaku Lembaga Kearsipan Daerah, sedangkan 2 OPD lainnya merupakan OPD yang sehari-harinya menciptakan arsip dinamis dalam jumlah banyak. Selain itu, Dispusip sesuai arahan Walikota Pekanbaru juga telah bekerjasama dengan Diskominfo sebagai pengelola server dimana aplikasi tersebut ditempatkan yang dapat diakses oleh OPD lainnya. Setelah ini, Dispusip akan mengimplementasikan e-Arsip SIKD ke OPD lainnya sesuai arahan Walikota Pekanbaru yang sangat didukung oleh ANRI.

Rapat implementasi e-Arsip SIKD

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 2019, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mendapat amanat untuk meningkatkan kualitas Pengelolaan Arsip Dinamis yang efektif dan efisien, melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

rapat implementasi e-Arsip SIKD

Memperhatikan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 061/9454/SJ tanggal 29 Desember 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Daerah, terakhir dengan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 061/3137/8 tanggal 21 Mei 2018 Perihal: Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah Tahun 2018, ANRI akan menyelenggarakan kegiatan Pendampingan E-Arsip dan Penyerahan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru. Sehubungan hal itu, ANRI pada tangga 19 s.d. 20 September 2018 melakukan implementasi e-Arsip SIKD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

#AyoMembaca #Buku Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru
#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan
#arsip #dokumen #library #librarian #book #archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu

#SalamLiterasi
#SalamSmart

BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :