Peresmian MPP terlengkap se- Indonesia oleh Menpan RB di Kota Pekanbaru

Pekanbaru – Rabu, 6 Maret 2019 Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru yang terbaik se-Indonesia telah resmi dibuka oleh Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Syafruddin. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita yang disaksikan oleh Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Pekanbaru Firdaus. Dalam acara ini bersempena dengan HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Tingkat Nasional di Pekanbaru.

Peresmian MPP Pekanbaru

Peresmian MPP Pekanbaru oleh Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Syafruddin

MPP terletak di Jalan Sudirman Pekanbaru, tepatnya di Kantor Walikota Pekanbaru. MPP hadir di Kota Pekanbaru untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan beragam jenis urusan perizinan dan administrasi kependudukan, hingga pembayaran berbagai jenis pajak dan transaksi. Dengan hadirnya MPP, kini masyarakat tidak perlu harus berpindah-pindah kantor untuk melakukan berbagai urusan. Sebab semua pelayanan perizinan dan indentitas kependudukan ada di dalam satu kantor MPP ini. Ada 24 instansi dan lembaga yang membuka layanan di MPP.

Baik instansi pemerintah, swasta dan perbankkan serta instasi vertikal lainya. Diantaranya: Dispusip Pekanbaru, Ikatan Notaris Indonesia, Badan Pertanahan Nasional, PDAM, BPJS Ketenagakerjaaan dan Kesehatan, Bapenda Kota dan Provinsi, Imigrasi, BRI, BRK,, BNI, Samsat, Disdukcapil, Jasa Raharja, Ikatan Arsitek Indonesia, LPSE Pekanbaru, Kejaksaan Tinggi Riau, Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Kantor Pos, Kementrian Agama dan Taspen serta beberapa instansi lainya.

Dengan demikian, sebanyak 24 instansi pelayanan publik dengan 174 jenis pelayanan yang terintegrasi telah siap melayani kebutuhan masyarakat secara cepat, mudah dan memangkas birokrasi. Walikota Pekanbaru Firdaus, dihadapan para pejabat baik legislatif maupun eksekutif menyatakan meskipun pelayanan MPP sudah lengkap, namun pembukaan MPP ini masih tahap awal. Pemko Pekanbaru secara bertahap akan merenovasi gedung lain di perkantoran Walikota Pekanbaru untuk memaksimalkan kapasitas pelayanan kepada masyarakat Pekanbaru. “Apa yang kita resmikan ini adalah tahap pertama dari pelayanan yang kami rencanakan. Nanti gedung B yang ada dibelakang akan kita renovasi untuk nanti 14  plot kita siapkan melayani kependudukan dan catatan sipil,” ujarnya. “Kemudian, gedung C akan kita renovasi juga tahun ini untuk meningkatkan kapasitas pelayanan beberapa tenant, Seperti pelayanan Samsat dan kejaksaan. Intinya seluruh gedung perkantoran ini dengan luas sekitar satu setengah hektar akan kita khususkan untuk MPP,” ungkapnya

pojok iPekanbaru di MPP

Digital Library iPekanbaru di MPP Pekanbaru

Usai pemotongan pita, KemenPAN RB pun menyempatkan untuk mengunjungi gerai – gerai pelayanan yang ada di MPP, bersama Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Pekanbaru Firdaus dan sejumlah pejabat lainnya. Digital Library iPekanbaru juga ikut diperkenalkan oleh Kadis Dispusip Nelfiyonna kepada Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Syafruddin, yang mana iPekanbaru menjadi pojok layanan perpustakaan digital di MPP berdampingan smart library yang menyediakan berbagai jenis buku dengan fasilitas area bermain anak dan ruangan ibu menyusui. iPekanbaru bisa di gunakan di Dektop dan di smartphone.

iPekanbaru adalah perpustakaan digital berbasis sosial media yang memungkinkan adanya interaksi sesama pengguna iPekanbaru. iPekanbaru dikelola oleh pemerintah kota Pekanbaru sebagai salah satu sarana untuk mencerdaskan masyarakat Pekanbaru di era digital. koleksi iPekanbaru sendiri kini telah mencapai lebih kurang 8000 judul buku yang bisa dibaca kapanpun dan dimana pun. cukup dengan menginstall aplikasi di smartphone atau laptop anda.
salam smart. (-_^)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :