Perpustakaan dan Arsip Pekanbaru

Pekanbaru – Jika Anda melintas di jalan Sutomo di Pekanbaru, maka akan terlihat sebuah bangunan megah yang tangganya warna-warni seperti pelangi. Itulah bangunan gedung Perpustakaan DISPUSIP Pekanbaru, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru  yang berada di pusat kota Pekanbaru.

pustaka pekanbaru

Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru

Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru ini berada di Jl Sutomo. Gedung ini memiliki 3 lantai, lantai 1 untuk Ruangan arsip, lantai 2 untuk Perpustakaan  merupakan ruang baca untuk pengunjung yaitu ruang baca umum, ruang baca anak, ruang kreatif anak dan sirkulasi, sedangkan lantai 3 untuk pengolahan bahan pustaka. Seluruh ruangan dimanjakan dengan dinginnya AC yang membuat betah pengunjung untuk menimba ilmu. Setiap ruangan juga transparan dengan kaca nako. Sehingga pengunjung bisa tetap melihat ke luar dengan bebasnya dari dalam ruangan.

Rak-rak buku tersusun rapi. Ada petugas jaga di setiap ruangan. Sistem pencarian buka juga sudah digital. Pengunjung tinggal pesan buku yang akan dibaca dan disebutkan judulnya ke petugas jaga. Nantinya dengan sistem komputerisasi, judul buku akan muncul. Untuk buku yang belum tersedia, tentunya tidak akan muncul di sistem OPAC.

Di perpustakaan ini, tersedia berbagai buku. Mulai buku agama, kebudayaan melayu, fisika, biologi, hukum, kesehatan dan lain sebagainya. Setiap hari jumlah pengunjung antara 150 sampai 200 orang. Tidak hanya buku saja yang tersaji di sini. DISPUSIP juga menyediakan fasilitas internet gratis untuk pengunjung. Pengunjung akan dimanjakan dengan istilah pustaka digital sebuah komputer yang tersedia jaringan internet secara gratis. Fasilitas ini tersaji dilantai 2 ruangan umum. Pengunjung dengan bebas menggunakan fasilitas tersebut.

“Kami menyediakan 6 unit komputer untuk pengunjung. Fasilitas internet gratis ini setiap hari dipergunakan pengunjung,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Ir. H. Nelfiyonna, M.Si

“Selain itu kita menyediakan Wi-Fi. Untuk Wi-Fi kami hanya menyediakan peralatannya saja, namun untuk kuota penggunaan Wi-Fi kita serahkan ke pengunjung sendiri,” fasilitas pustaka digital terlihat dengan bebas dipergunakan pengunjung. Mulai dari pelajar SMP, SMA, Mahasiswa sampai masyarakat umum. Seorang pengunjung mengaku merasa betah berlama-lama di sana. Selain ruangan yang sejuk yang membuat betah, tentunya ditambah fasilitas pustaka digital secara gratisan tanpa batas.

#kenaliperpustakaankotapekanbaru
#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book #archive #history
#bandarayamelayu#bandarserimelayu

#SalamLiterasi
#SalamSmart

BACA & PINJAM >>> GRATISSS

Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://twitter.com/dpkpekanbaru
Facebook : https://www.facebook.com/DpkPekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/ipekanbaru.id

-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :