PERPUSTAKAAN SEKOLAH

PERPUSTAKAAN SEKOLAH

A. ARTI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan bukan merupakan hal yang baru dikalangan masyarakat, dimana telah diselenggarakan perpustakaan seperti perpustakaan sekolah baik sekolah umum maupun sekolah kejuruan , baik sekolah dasar maupun sekolah menengah.
Ada beberapa cirri perpustakaan yang dapat dirincikan sebagai berikut :
a. Perpustakaan merupakan suatu unit kerja
Adanya perpustakaan tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu.
b. Perpustakaan mengelola sejumlah bahan pustaka
Diperpustakaan disediakan sejumlah bahan pustaka. Bahan pustaka bukan hanya berupa buku-buku, tetapi juga bukan berupa buku (non book material) seperti majalah,surat kabar, brosur, gambar dan lain sebagainya. Jumlah bahan pustaka ini tergantung pada jumlah pemakainya.
c. Perpustakaan harus digunakan oleh pemakai
Tujuan pengelolaan atau pengaturan bahan pustaka tidak lain agar dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh pemakainya. Lebih jauh lagi bagaiman agar dengan pengaturan tersebut dapat membangkitkan minat setiap pemakai untuk mengunjungi perpustakaan.
d. Perpustakaan sebagai sumber informasi
Perpustakaan harus dapat dijaikan atau berfungsi sebagai suber informasi bagi setiap yang membutuhkan.

d2ab5fec-b823-43f2-9612-d6d44349dc45

B. FUNGSI PERPUSTAKAAN
Eksistensi perpustakaan dalam masyarakat tetap dipertahankan karena perpustakaan mempunyai fungsi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Beberpa fungsi perpustakaan adalah :
1. Fungsi Informasi
Dengan koleksi yang tersedia perpustakaan harus berusaha menjawab setiap pertanyaan yang diajukan ke perpustakaan. Karena pada perpustakaanlah kita dapat memperoleh banyak informasi.
2. Fungsi Pendidikan
Perpustakaan merupakan sarana pendidkan non formal dan informal, artinya perpustakaan merupakan tepat belajar diluar bangku sekolah. Bagi mereka yang sudah meninggalkan bangku sekolah maka perpustakaan merupakan tepat yang praktis, berkesinambungan serta murah. Dalam sejarah banyak terjadi tokoh dunia menghabiskan waktu diperpustakaan serta memperoleh banyak bahan dari perpustakaan sekolah. Sebagai contohnya Karl Marx (Penulis buku Manifesto Komunis) yang menghabiskan waktunya di British Library di London.
3. Fungsi cultural
Perpustkaan merupakan tempat untuk mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat. Pendidikan ini dapat dilakukan dengan cara penyelenggaraan pameran, ceramah, pertunjukan, kesenian dan sebagainya. Dengan demikian masyarakat dididik mengenal budayanya. Disini budaya memiliki arti segala ciptaan manusia.
4. Fungsi Rekreasi
Fungsi ini tampak nyata pada perpustakaan umum yaitu perpustakaan yang dikelola dengan dana umum serta terbuka untuk umum. Misalnya lomba karya ilmiah.

c1045173-5a00-46d3-a50f-f9d56f05e537

C. TUJUAN PERPUSTAKAAN
1. Tujuan Umum.
Penyelenggaraan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah di harapkan dapat membantu murid-murid dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menunjang proses belajar mengajar, agar dapat menunjang proses belajar mengajar maka dalam pengadaan buku pustaka hendaknya mempertimbangkan kurikulum sekolah. Selera para pembaca yang dalam hal ini adalah murid-murid.
2. Tujuan Khusus
a. Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membackhususnya sertamendayagunakan budaya tulisan dalam sektor kehidupan.
b. Mengembangkan minat untuk mencari dan mengelolah serta memanfaatkan informasi.
c. Mendidik murid agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan bacaan secara tepat dan berhasil guna.
d. Meletakkan dasar-dasar kearah belajar mandiri.
e. Memupuk minat dan bakat.
f. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalahmasalah yang dihadapi dalam kehidupan atas tanggung jawab dan usaha sendiri. Dengan demikian jelas bahwa tujuan diselenggarakan perpustakan bukan sekedar menyimpan dan mengumpulkan bahan pustaka akan tetapi perpustakaan diharapkan bagi siswa mampu mengembangkan daya pikirnya dan hasil membaca yang diperoleh dari bahan pustaka yang ada di perpustakaan.

03f45d3b-9c4a-4f77-b524-11c78dd07429

D. MANFAAT PERPUSTAKAAN
Peranan perpustakaan di dalam pendidikan amatlah penting, yaitu untuk membantu terselenggaranya pendidikan dengan baik. Dengan demikian sasaran dan tujuan operasional dari perpustakaan sekolah adalah untuk memperkaya, mendukung, memberikan kekuatan dan mengupayakan penerapan program pendidikan yang memenuhi setiap kebutuhan siswa, disamping itu mendorong dan memungkinkan tiap siswa mengoptimalkan potensi mereka sebagai pelajar.
Penyelenggaraan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah diharapkan dapat membantu murid-murid dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menujang proses belajar mengajar, maka dalam pengadaan bahan pustaka hendaknya mempertimbangkan kurikulum sekolah, serta selera para pembaca yang dalam hal ini adalah murid-murid.
1. Perpustakaan sekolah sebagai perangkat perlengkapan pendidikan mempunyai tugas:
Menyerap dan menghimpun informasi guna kegiatan belajar mengajar.
2. Mewujudkan suatu wadah pengetahuan dengan administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunanya
3. Menyediakan sumber-sumber rujukan yang tepat guna untuk kegiatan konsultasi bagi pengajar dan pelajar
4. Menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan rekresi yang berkaitan dengan bidang budaya dan dapat meningkatkan selera, mengembangkan daya kreatif
5. Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik sehingga pengajar dan pelajar tertarik dan dapat menjadi terbiasa dalam menggunakan perpustakaan
6. Pusat layanan bahan pustaka bagi siswa dan guru.
7. Memberikan bimbingan membaca

Perpustakaan sekolah tampak bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di sekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tinginya prestasi murid-murid, tetapi lebih jauh lagi, antar lain adalah murid-murid mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, murid-murid terbiasa belajar mandiri, murid-murid terlatih kearah tanggung jawab, murid-murid selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sebagainya.

83e57d62-d24e-42c7-8772-dc3fd910f0c8
Secara terperinci, manfaat perpustakaan sekolah, baik yang diselenggarakan di sekolah dasar, maupun di sekolah menengah adalah sebagai berikut:
1. Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid-murid tehadap membaca.
2. Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar murid-murid.
3. Perpustakaan sekolah dapat menambah kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya murid-murid mampu belajar mandiri
4. Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca
5. Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa
6. Perpustakaan sekolah harus dapat melatih murid-murid kearah tanggung jawab
7. Perpustakaan sekolah harus dapat memperlancar murid-murid dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah
8. Perpustakaan sekolah dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran
9. Perpustakaan sekolah dapat membantu murid-murid, guru-guru, dan anggota staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

SUMBER : Drs. IBRAHIM BAFADAL,M.Pd ( Judul Pengelolaan Perpustakaan Sekolah)
SUHARYOTO,A.ma.Pust (Judul Mengenal dan Mengelola Perpustakaan)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :