Resensi Buku saat Kunjungan ke PusKot DPK Pekanbaru

Selalu saja ada hal unik dan menarik setiap kunjungan siswa/i yang datang ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru. Mulai dari tingkah kegirangan hingga sampai ekspresi pusing memilih buku untuk dijadikan bahan resensi. Tentu saja ada berbagai hal yang dapat dilakukan di Perpustakaan. Sebagai tempat belajar, perpustakaan seharusnya dapat dijadikan sebagai sarana rekreasi dan bermain. Bukankah belajar sambil bermain itu sesuatu yang menyenangkan?

Kunjungan SDN 88 Pekanbaru

Kunjungan SDN 88 Pekanbaru

Setiap siswa yang hadir di Perpustakaan Umum (Kami menyebutnya : PusKot) Kota Pekanbaru, anak-anak diajak untuk memilih buku,membacanya, dan menuliskan kembali dalam bentuk tulisan pada selembar kertas tentang apa yang telah mereka baca. Kegiatan resensi buku ini diharapkan mampu memaksimalkan kemampuan siswa baik dalam membaca, menulis, berfikir, serta kemampuan untuk mengingat kembali. Tidak hanya itu, kami selalu memberikan hadiah pada anak yang dapat melakukan resensi dengan baik. Bagaimanapun mereka tetap anak-anak, hadiah berupa buku sudah cukup membuat mereka senang.

Tingkah Unik Siswa SDN 88 Pekanbaru

Tingkah Unik Siswa SDN 88 Pekanbaru

Seperti kunjungan SDN 88 Kota Pekanbaru ini misalnya. Ada berbagai ekspresi yang ditampilkan dan ada saja tingkah laku belajar mereka saat melakukan resensi buku. Mereka mendirikan beberapa buku di depan lembar kertas yang mereka tuliskan sebagai tanda larangan tidak boleh mencontek. Ah… jadi ingat masa lalu, 😀

Penyerahan Hadiah Kepada Siswa Resensi Terbaik

Penyerahan Hadiah Kepada Siswa Resensi Terbaik

Mereka ini kompak sekali dan saling mendukung temannya. Ini jelas terlihat karena mereka mampu bekerja sama, berbaur, berkomunikasi antar siswa meskipun salah satu siswa di kelas itu sedikit berbeda. Bulan Karunia, seorang siswi cerdas yang tetap gigih belajar walau selalu duduk di kursi khusus miliknya. Terlahir dengan perbedaan diantara temannya tidak menghalangi semangatnya untuk memperoleh ilmu yang lebih. Hasil resensi Bulan sangat baik dan komunikasi juga sangat lancar. Ia telah dapat berbicara dalam bahasa inggris dengan baik dibandingkan dengan temannya yang lain. Coba deh lihat video Bulan Karunia di channel youtube nya ( https://www.youtube.com/channel/UCipLrK5Y4K9I33yQmk9m-1Q ) .
Hal seperti inilah yang seharusnya kita dukung. Memfasilitasi minat baca dan membantu membuka ide kreatif mereka untuk menghasilkan karya yang mereka senangi. Dan tentunya setiap anak adalah spesial. Mereka punya kelebihan yang terpendam pada kekurangan yang mungkin terlihat lebih dahulu.

#AyoKePerpustakaan
#SalamSmart #DPKPekanbaru
——————————
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://twitter.com/dpkpekanbaru
Facebook : facebook.com/DpkPekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/ipekanbaru.id/

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :