Selamat Hari Anak Nasional 2018

Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984. Peringatan Hari Anak Nasional dimaksudkan agar negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak anak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tanpa perlakuan diskriminatif.

HARI ANAK NASIONAL 2018

HARI ANAK NASIONAL 2018

Sejarah Hari Anak Nasional
Hari Anak adalah event yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain, dan perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.
Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Sumber : wikipedia

Google Doodle ikut merayakan Children’s Day atau Hari Anak Nasional (HAN) di Indonesia yang digelar 23 Juli setiap tahunnya.
Hari Anak Nasional diharapkan bisa menjamin pemenuhan hak anak, yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak berpartisipasi sesuai harkat dan martabat serta hak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. “Inilah mengapa kami menghormati Hari Anak Nasional untuk meningkatkan kesadaran bagaimana peran semua elemen menjadikan anak Indonesia sehat, bahagia, dan aman,” demikian pernyataan Google, Senin, 23 Juli 2018.
Pada halaman utama Google tersebut, Anda bisa melihat dua ilustrasi gambar anak-anak yang sedang bergebira memaikan alat musik. Selamat Hari Anak 2018 menghiasi halaman situs pencarian Google hari ini melalui sebuah Google Doodle. sumber : google

Children's Day 2018 atau Hari Anak Nasional 2018

Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah sistem pembangunan Kabupaten/Kota yang mengintergrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak yaitu :
1. Hak untuk BERMAIN
2. Hak untuk mendapatkan PENDIDIKAN
3. Hak untuk mendapatkan PERLINDUNGAN
4. Hak untuk mendapatkan NAMA (identitas)
5. Hak untuk mendapatkan status KEBANGSAAN
6. Hak untuk mendapatkan MAKANAN
7. Hak untuk mendapatkan akses KESEHATAN
8. Hak untuk mendapatkan REKREASI
9. Hak untuk mendapatkan KESAMAAN
10. Hak untuk memiliki PERAN dalam PEMBANGUNAN

Sekilas hari anak nasional, bahwa setiap tahun Indonesia merayakan HAN atau Hari Anak Nasional. Dalam peringatan HAN, hari ini memiliki sejarah dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan anak. HAN adalah hari yang diperingati setiap tanggal 23 Juli mengacu pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tertanggal 19 Juli 1984. Sehingga dengan dasar tersebut HAN masuk dalam daftar hari penting Juli yang kita peringati setiap tahunnya.
Peringatan HAN dimaknai sebagai momentum penting untuk menggugah, mengingtakan kepedulian, dan partisipasi seluruh bangsa Indonesia dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak dengan tanpa membeda-bedakan atau bersikap diskriminatif, memberikan yang terbaik untuk anak, menjamin semaksimal mungkin kelangsungan hidup dan tumbuh kembangnya. Peringatan ini mengandung arti untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran anak akan hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya kepada orang tua, masyarakat, serta kepada bangsa dan negara.

HARI ANAK NASIONAL 2018

“Alam hanya mampu memperlihatkan tempat yang terbatas, tapi buku memberikan dunia yang tak terbatas”
“Mari dekatkan anak-anak kita dengan buku. Menyelamatkan mereka adalah menyelamatkan masa depan”
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2018
#SalamLiterasi
#Dispusip #Pekanbaru
#AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#SalamSmart #DispusipPekanbaru#Harianak2018
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :