Selamat Hari dongeng sedunia 20 Maret 2019 (Dispusip Pekanbaru Mengadakan kegiatan Mendongeng bersama Kak Agus DS)

,

Pekanbaru, Rabu 20 Maret 2019, Menjadi peringatan Hari Dongeng Sedunia. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Mengadakan kegiatan Mendongeng bersama Kak Agus DS  (Master Of the Storyteller, Pendongeng Nasional Kelas Dunia, Penulis, Ventryloquist, Multitalenta). Mendongeng adalah seni pengisahan cerita dengan tujuan hiburan penonton tentang kejadian-kejadian nyata maupun imajinatif yang dapat diambil dari naskah puitis dan/ atau prosa maupun sumber-sumber lainnya (lisan, tertulis atau rekaman)  dan melibatkan gesture tubuh, vokalisasi, musik, atau gambar untuk memberikan kehidupan pada cerita. Kegiatan ini biasanya menceritakan kembali sebuah cerita kepada anak oleh orang tuanya dan  dilakukan saat menjelang tidur.  Dengan  mendongeng juga mampu mengembangkan stimulus otak anak lebih baik dari anak biasa. Acara berlangsung di Ruang Kreatifitas anak lantai 2 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru.

Pembukaan oleh kadis Pustaka dan Arsip pekanbaru

Ir. Hj. Nelfiyonna,M.Si selaku kadis Perpustakaan dan Kearsipan kota Pekanbaru mengharapkan dengan adanya Perpustakaan Masyarakat Riau khususnya Kota Pekanbaru dapat memanfaatkan perpustakaan untuk bisa dipergunakan sebaik mungkin. Dengan budaya baca masyarakat kita terutama masyarakat Pekanbaru dikategorikan minat bacanya masih rendah, dari hasil survey dari Perpusnas RI tahun 2017 kategori minat baca dalam kategori sangat rendah, artinya keinginan dan budaya baca anak-anak kita sangatlah rendah, khususnya anak-anak di usia dini harus kita didik untuk membaca,agar anak-anak kita menyenangi dan mencintai buku, karena buku adalah sumber informasi, karena merekalah yang akan menjadi generasi emas berikutnya. Kami berharap kepada ibu-ibu untuk membawa anaknya sesering mungkin ke perpustakaan dan mengajarkan anak-anaknya untuk mencintai buku. Bagi ibu-ibu supaya mendongeng untuk anak-anaknya minimal 20 menit setiap hari, dan kami berharap dari guru-guru untuk menceritakan kembali di sekolah dongeng yang didengarkan dari orang tuanya, supaya anak-anak mencintai buku, sehingga anak menyukai dan mencintai buku.

hari dongeng sedunia

Peringatan Hari Dongeng Sedunia dimulai pada tahun 1991-1992 oleh para pendongeng di Swedia dengan nama All Storytellers Day. Kemudian pada tahun 1997 diadakan Celebration of Story selama lima minggu untuk memperingati tanggal 20 Maret sebagai Hari Dongeng Sedunia.

Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa dan penuh dengan khayalan atau fiksi, yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng adalah bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang hingga saat ini.

Namun, di zaman yang serba digital dan modern seperti sekarang ini budaya mendongeng semakin memudar. Kebanyakan anak-anak sudah jarang sekali mau mendengarkan cerita dongeng. Mereka justru lebih tertarik untuk bermain game dengan gadget-nya dari pada menyimak cerita dongeng dari guru atau orangtuanya. Padahal mendongeng juga bisa menjadi pengaruh besar untuk menentukan sikap anak setelah dewasa nanti. Selain itu, Dongeng juga bisa berpengaruh pada peningkatan kecerdasan moral anak-anak.

selamat hari dongeng sedunia

Kak Agus DS memberikan tips-tips agar anak mempunyai keinginan untuk membaca buku :
a. Biasakan membawa anak-anak ke perpustakaan sesering mungkin
b. Sediakan banyak buku cerita bergambar
c. Jadikan saat membaca cerita merupakan saat yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak
d. Berikan kesempatan pada anak untuk membacakan cerita kepada orang dewasa lainnya
e. Bacakan buku cerita yang sesuai untuk anak-anak
f. Berikan anak-anak buku cerita yang sederhana

“Pada dasarnya setiap anak itu UNIK, maka jangan heran jika mereka melakukan sesuatu yang membuat kita terheran-heran, tak terduga, ajaib, bahkan menakjubkan. Anak memang unik dan benar bahwa anak bukanlah orang dewasa mini, meski kebanyakan anak-anak meniru perilaku orang dewasa. Orang dewasa dituntut untuk memiliki toleransi yang tinggi dan harus arif dalam menyikapi setiap tindakan anak-anak, juga yang tak kalah penting adalah memperhatikan perasaan anak dan tidak memaksakan kehendak atau keinginan kita”. Ungkap Agus DS

selamat hari dongeng sedunia 2019

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PEKANBARU MENGUCAPKAN

SELAMAT HARI DONGENG SEDUNIA 20 MARET 2019

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book#archive #history
#bandarayamelayu #bandarserimelayu #haridongeng2019 #dongengsedunia #Dongeng #Kak AgusDS #AgusDS #GPMB
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :