Sosialisasi Pengelolaan Arsip Dinamis, Sukseskan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Hari ini (Senin, 08 Mei 2017) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru melalui Bidang Kearsipan menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Arsip Dinamis Berbasis IT melalui Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.
 
Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan mendorong pengelolaan administrasi kearsipan pada masa sekarang ke arah proses penggunaan ilmu teknologi yang lebih canggih, yang mana Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) yang selama ini telah dikembangkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai model dan menjadi payung implementasi E-records (arsip dinamis) dan E-archives (arsip statis).
 
Menyikapi perkembangan global yang sangat didominasi oleh teknologi informasi dan komunikasi canggih, tentunya Pemerintah Kota Pekanbaru harus dapat mengimbangi dengan kemampuan dan kesiapan untuk menyiapkan aparatur maupun sarana prasarana yang handal melalui berbagai kebijakan kelembagaan maupun keuangan yang sinergis dengan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Kompleksitas permasalahan pembangunan yang dihadapi kota pekanbaru saat ini membutuhkan sebuah percepatan pembangunan yang di smart economy, smart mobility, smart environment, smart people, smart living dan smart government. Untuk mewujudkan smart government, salah satunya adalah pemanfaatan TIK dalam pengelolaan kearsipan dengan mengimplementasikan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). SIKD adalah sistem pengolahan arsip berbasis teknologi informasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis pada masing-masing OPD sebagai pencipta arsip di lingkungan pemerintah kota pekanbaru. Selanjutnya diharapkan akan dapat mendukung terwujudnya e-government dalam tata kelola pemerintahan sehingga pemerintah menjadi lebih efektif, efisien dan transparan. Dan ini sejalan dengan visi kota pekanbaru terwujudnya pekanbaru smartcity yang madani.
 
Acara sosialisasi ini pun dibuka langsung oleh Bapak PJ. Walikota Pekanbaru yakni Bapak H. Edwar Sanger, SH, M.Si di Aula Kantor Walikota Pekanbaru. Dan juga turut hadir Narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yaitu Bapak Widarno, SH, MH yang juga sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi ANRI. Selain menyampaikan materi tentang “Strategi Pengelolaan Arsip Dinamis melalui Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) menuju Pekanbaru Smart City”, Bapak Widarno mewakili ANRI menyerahkan 1 (Satu) paket Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Kepada Pemerintah Kota Pekanbaru untuk segera dapat diimplementasikan pada semua OPD lingkup pemerintah Kota Pekanbaru yang tentunya dapat dilaksanakan dengan dukungan semua pihak.
Sosialisasi Pengolahan Arsip Dinamis

Sosialisasi Pengolahan Arsip Dinamis

 
Ibu Hj. Nelfiyonna,M.Si selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru yang juga sebagai Ketua Panitia penyelenggara Sosialisasi ini mengatakan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah tercapainya peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip melalui percepatan penerapan E-Arsip dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di lingkungan organisasi perangkat daerah Kota Pekanbaru.
 
Sosialisasi ini diselenggarakan selama 1 (Satu) Hari dan diikuti oleh lebih kurang 110 orang peserta yang terdiri dari Kepala Badan/Dinas/Bagian dan Camat se-Kota Pekanbaru beserta Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagai pengelola Arsip OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.
 
Sosialisasi kearsipan tahun 2017 ini bertemakan “Melalui implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Kita Sukseskan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip” yang diharapkan semua OPD yang ada di lingkungan pemerintah Kota Pekanbaru dapat menggunakan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dalam pengelolaan arsip dinamisnya yang mempermudah dalam proses pengendalian arsip dinamis secara efektif dan sistematis, sehingga mendukung akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dengan ketersediaan arsip dinamis yang autentik dan rill dalam upaya pemerintah kota pekanbaru mencapai penilain wajar tanpa pengecualian (WTP).
 
#DPK #Pekanbaru
#AyoKePerpustakaan
#SalamSmart #DPKPekanbaru
——————————
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
 
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://twitter.com/dpkpekanbaru
Facebook : facebook.com/DpkPekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/ipekanbaru.id/
Apps Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=mam.reader.ipekanbaru
 
 
 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :