Tentang

Cover Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru

Selayang Sejarah Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru

Cikal bakal Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru adalah keberadaan perpustakaan di Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru dan pembentukan Kantor Arsip dengan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru nomor 8 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 5 Tahun 2001 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Badan/Kantor di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Penataan organisasi perangkat daerah dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru dengan membentuk Kantor Perpustakaan dan Arsip berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 9 Tahun 2008 tentang Pembentukan Susunan Organisasi, Kedudukan dan Tugas Pokok Lembaga Teknis Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.  Selanjutnya, berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 10 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 9 Tahun 2008.

Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru terbentuk dan dikepalai oleh seorang Kepala yang membawahi Sekretariat dan 3 (tiga) bidang yaitu Bidang Pembinaan, Bidang Informasi Layanan dan Bidang Akuisisi, Deposit dan Pengolahan. Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru mengelola Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru, 4 Perpustakaan Keliling, 2 Taman Bacaan Masyarakat dan 1 Unit Pengelola Arsip Statis Kota Pekanbaru.

Visi BPA Kota Pekanbaru

Motto Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru

Misi BPA Kota Pekanbaru

1. Meningkatkan kualitas perpustakaan umum serta mencerdaskan masyarakat Kota Pekanbaru melalui pengembangan, pembinaan, pelayanan dan informasi.

2. Melaksanakan promosi, sosialisasi, dan penyuluhan di bidang kearsipan dalam rangka meningkatkan tata kelola arsip.

3. Melestarikan khasanah literatur, bibliografi Kota Pekanbaru dan mewujudkan tertibnya penyimpanan dokumentasi administrasi negara yang bermanfaat bagi masyarakat.

4. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan aparatur.

5. Mengoptimalkan kinerja dalam menunjang manajemen operasional perkantoran.

Motto BPA Kota Pekanbaru

SMART : Siap Melayani Anda dengan Ramah dan Tuntas.

Struktur Organisasi BPA Kota Pekanbaru

Struktur Organisasi Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru